Selamat tinggal, Masa muda.

 


Kalian masih inget gak sih, Ketika pembagian kelompok belajar di kelas masing-masing dari kita punya pilihan pengen satu kelompok sama siapa aja ? rasanya seneng banget klo satu kelompok sama temen yang udah deket, karena jadinya kaya main sambil ngerjain tugas. Gak terasa berat, yang paling di diskusikan adalah setelah tugas beres kita mau ngapain dan kemana.

Udah lewat beberapa tahun, rasanya masih kaya baru banget melewati masa-masa sekolah. Tapi klo ditanya tahun berapa, wahh jawabannya jadi udah kaya lama banget.

Buat aku, yang paling menyenangkan dan paling di Ingat adalah masa-masa sekolah menengah atas. Karena aku sekolah di SMK ya sama ajalah ya tingkatannya haha

Selama SMK ini aku berada di kelas yang sama sampe kelas 3. Jadi orang-orangnya udah deket banget, kadang gak berasa klo udah kenaikan. Karena orang dan kelasnya tetap sama, wali kelasnya juga tetap sama. Karena aku ambil jurusan Teknik, isinya lebih banyak laki-laki dibanding cewe, meskipun begitu kedekatan kita gak berbeda jauh dan masih tetap pada Batasan-batasan yang tepat. Kedekatan kita udah ada di level yang paling tinggi deh, gak terbuka saling memuji dan justru lebih memilih saling menghina bukan berarti benci. Justru karena gengsi, tapi peduli. Yang paling kenceng nyindir tapi di giliran di senggol kelas lain yang marahnya bisa satu kelas. Klo dulu banyak yang bilang “enaknya satu kelas isinya banyak cowo, pasti di treat kaya ratu” hmm gimana ya jawabnya haha bayangin aja deh, tiap hari diajak ngobrolnya Bahasa kasar mulu, cowo-cowo yang diluar macho ini klo di kelas super duper manja klo minta tolong beliin makanan, tolong tulisin jawaban, klo kakinya sakit berasa gak bisa ngapa-ngapain, tiap olahraga ganti baju di kelas udah gitu sering lempar kaos kaki dan baju dimana aja giliran udah beres repot sendiri nyarinya tapi ada enaknya juga sih, beberapa anak cowo ini ada yang suka banget beres-beres klo satu piket sama dia enak kita gausah ngapa-ngapain, terus ada juga yang jago masak jadi klo kerja kelompok atau main mereka yang masak, kita cewe-cewe Cuma nunggu sambil gossip atau nonton anime. Ada satu lagi, mereka di kelas cuek kaya gak peduli, tapi klo ada orang luar yang macem-macem ya mereka maju duluan.

Meskipun mereka nyebelin minta ampun, sering gak nganggap kita cewe. Secara mental dan kepribadian mereka menganggap semuanya cowo jadi klo ada apa-apa gakk ada istilah “ladies first” tapi secara fisik mereka menjaga Batasan yang ada. Dulu pernah tes buat standup komedi, nah kita cewe-cewe bingung harus gimana, mereka bantuin. Trus salah satu dari mereka ngomong di grup “tenang aja, lucu gak lucu kita harus ketawa ya.” Dan mereka mengiyakan. Terharu banget kann, ada lagi satu pas mau ujian praktek seni budaya, kita cewe-cewe yang dianggap setengah cowo ambil nari biar bisa grup gitu, tentu saja kita kaku banget. Trus anak-anak cowonya bilang, “kita bakalan duduk paling depan, bakalan teriak paling kenceng, bakal tepuk tangan paling heboh. Tenang aja tenang”

Meskipun udah lulus, udah gak ketemu lama tapi pas ketemu lagi gak ada rasa canggung sama sekali, tetap akrab, dan kelakukan kita masih sama kaya masih sekolah. Aku bersyukur melalui masa sekolah yang menyenangkan Bersama mereka, kerja kelompok, saling kerja sama dan nyontek, main sampe malem, maen sampe nginep, maen jauh, remedial bareng, gila-gilaan bareng, kadang rajin bareng. Intinya sih, gak ada masa remaja yang aku sesali.

Aku juga bersyukur, Ketika lulus sekolah kita masih sering kumpul. Baru juga lulus seminggu kita dah reuni haha dari yang awalnya hampir tiap minggu kumpul di rumah wandy, mulai berkurang pindah ke rumah dzikri karena buka coffee shop, satu persatu mulai beda jadwal dan pindah kumpul ke rumah ica. Akhirnya ada beberapa yang hilang susah di hubungi sisa sedikit, dan tetap menjaga kumpul-kumpul dengan anggota seadanya. Yang hilang mulai Kembali mengabari, ada yang sudah lama tak berkabar tiba-tiba meminta ikuta gabung dan berkumpul ke rumah wildan. Mulai banyak lagi dan mulai sering lagi kumpul sampe nginep di rumah wildan. Masing-masing dari kita, udah kenal sama keluarga dan orangtuanya, jadi klo missal izin nginep di rumah cowo pun semuanya tahu, karena gak berdua juga tapi rame-rame rombongan.

Sama mereka banyak banget deh kenangannya, yang paling melekat itu karena kita sering banget kemana-mana rombongan sampe malem seru-seruan, Cuma mikir main dan makan. Sampe akhirnya pas kita dewasa, obrolan kita beda. Mulai masuk jam 12 malem, obrolannya mulai serius. Tentang masa depan, tentang kesulitan-kesulitan yang dulu zaman sekolah hal itu gak dianggap sulit, mulai banyak pertimbangan dan mengambil keputusan-keputusan yang berat. Tapi tetap, pas kumpul itu kita seperti sama-sama berusaha untuk melarikan diri sejenak dari masalah yang ada, dan Kembali menjadi remaja yang banyak tawa. Porsinya jadi seimbang, siang sampe malem kita melakukan banyak hal konyol seolah lupa umur, tengah malam sampai subuh kita membahas sesuatu yang membuat kita sadar “ternyata kita udah dewasa, dan kita harus siap dan menerimanya”

Pas pandemic juga, kita gak habis akal buat bisa ngumpul seru-seruan. Kita videocall dari malem sampe sahur bareng dilanjut buka puasa virtual bareng, abis itu kita sering videocallan lagi, sambil main game gartic, tebak gambar dengan gambar-gambar super yang jauh dari kata bagus, kita juga main among us, marah-marah saling hina terus ketawa-ketawa sampe sakit perut meskipun gak ketemu langsung.

 

Tahun 2023, rasanya menjadi akhir dari masa remajaku. Aku masih sering bertemu mereka, karena bertemu mereka rasanya seperti healing  yang mahal, beban-beban itu hilang sejenak, anak kecil dalam diriku Bahagia Ketika bersamanya. Karena Bersama mereka membuatku nyaman, menjadi manusia seutuhnya dengan sikap dan penampilan apa adanya tanpa takut di judge. Kali ini, kita terpaksa berpisah. Punya jalan masing-masing yang mereka akan kejar, jarak pun membantu perpisahan kita yang membuat aku tidak tahu lagi kapan bisa bertemu mereka. Biasanya, aku bisa merencanakan kapan saja pertemuan itu. Tapi kali ini, banyak yang akan pergi jauh. Rasanya campur aduk, temanku yang sedikit itu kini semakin berkurang. Langsung terbayang pikiran egoisku

“nanti klo aku lagi pengen banget gila-gilaan, aku menghubungi siapa?”

“klo nanti aku stress banget sampe kek mau gila, siapa lagi yang aku hubungi buat ajak ketemu dan cerita”

Disatu sisi, aku juga seneng banget mereka mendapatkan cita-citanya. Kaya “dia tuh dulu sering banget halu bisa kerja di negara itu..” waktu itu rasanya halusinasi dan impian yang jauh banget, tapi liat sekarang bulan depan dia pergi. Aku juga masih inget, pas dia ngejar impian itu dia nangis-nangis dan curhat gak kuat ngejalaninya. Ada juga yang cerita kegagalannya, tapi sekarang pas di coba lagi dia berhasil. Tentu saja aku Bahagia dan bangga, seperti melihat kesuksesan seorang ibu karena tahu prosesnya.

Tapi aku masih belum mencapai apapun, impianku masih gagal. Gak apa-apa ya, sekarang aku juga harus focus menata hidupku sendirian mulai saat ini. Kita akan ketemu lagi, akan kumpul lagi. Mungkin wajah dan tubuh kita akan berubah, tapi Ketika kita Bersama jiwa-jiwa remaja kami akan mengingat semua kenangan dan menjadikan diri kita lebih akrab dari sebelumnya.

Kepada teman-temanku, aku akan selalu mendoakan kalian dalam doa. Aku akan selalu mengirimkan surat al fatiha kepada kalian agar selalu sehat, terlindungi, dipermudah segala yang sulit, diringankan segala yang berat, ditunjukkan kebaikan-kebaikan dan rejeki yang masih tersembunyi, semakin berkah kehidupannya.

Sahabat yang gengsi banget aku bilang secara langsung haha

Syifa Nur Fadhila, Anisa Eka Putri, Resti Triani, Kiki Rahmawati Dewi, Maya Mustikaningrum, Tina Aprilia, Yusi Atmahadi Sandini,Aji Rohimat, Wildan M Ramdhani, M dzikri, Wandy Hanggara, Rian Mahmud, Akmal Nur D, Azis M Ihsan, Dicky Eka, Ikhang Fawwaz, Chendri m Ridwan, Aditya putra.







 

Komentar

Postingan Populer